Alasan Inflasi Terbaru, Yuk Ketahui!

Tidak ada negara yang menginginkan terjadi inflasi yang berdampak pada negara itu sendiri. Namun, kenapa sampai terjadi inflasi, yuk pelajari alasannya di bawah ini.

Alasan Terjadinya Inflasi, Yuk Pelajari

Di antara alasan inflasi yang pertama adalah meningkatnya permintaan pada suatu barang atau jasa tertentu. Ketika permintaan naik dan pasokan barang tidak mencukupi, maka harga akan melonjak.

Inflasi juga bisa disebabkan oleh meningkatnya biaya produksi. Biaya produksi yang meningkat dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti kenaikan harga bahan baku atau peningkatan upah para pekerja.

Faktor lain yang dapat menyebabkan inflasi adalah peredaran uang yang tinggi di masyarakat. Ketika jumlah uang yang beredar meningkat, harga barang juga ikut naik. Karena daya beli masyarakat meningkat sementara stok barang tetap, harga akan terdongkrak.

Baca Juga :   Cara Membedakan Uang Baru 100 ribu Asli dan Palsu

Selain itu, inflasi dapat dibedakan berdasarkan dampaknya pada ekonomi. Inflasi ringan terjadi ketika kenaikan harga barang/jasa masih dapat dikendalikan dan tidak terlalu mengganggu perekonomian. Biasanya, inflasi ringan memiliki tingkat kenaikan harga di bawah 10% per tahun.

Inflasi sedang adalah tingkat inflasi yang dapat menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat dengan pendapatan tetap, tetapi belum mencapai tingkat yang membahayakan aktivitas perekonomian negara. Inflasi sedang terjadi ketika harga barang naik antara 10% hingga 30% per tahun.

Sementara itu, inflasi berat dapat menyebabkan kekacauan dalam perekonomian suatu negara. Kondisi ini sering membuat masyarakat enggan menabung karena suku bunga yang lebih rendah dibandingkan nilai inflasi. Inflasi berat terjadi ketika kenaikan harga mencapai angka antara 30% hingga 100% per tahun.

Baca Juga :   Mengenal Uang Recehan Kertas dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Di tingkat inflasi yang sangat berat, yang disebut hyperinflation, perekonomian suatu negara telah terguncang parah dan sangat sulit untuk dikendalikan meskipun adanya kebijakan moneter dan fiskal. Inflasi ini terjadi ketika tingkat kenaikan harga melebihi 100% per tahun.

Semua jenis inflasi ini memiliki dampak yang berbeda terhadap masyarakat dan perekonomian, dan pengendaliannya merupakan tantangan yang kompleks bagi pemerintah dan lembaga keuangan.

Nah itu dia beberapa alasan inflasi yang bisa kita pelajari bersama, semoga bermanfaat ya, jangan lupa mampir pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *