Bagaimana Keuangan Keluarga dalam Islam? Berikut Cara Pengelolaannya

Rajamoba.com – Bagaimana Keuangan Keluarga dalam Islam? Berikut Cara Pengelolaannya! Seperti biasa, kami dari Rajamoba akan sedikit memberikan ulasan tentang berbagai topik mengenai keuangan.

Bagaimana pengelolaan keuangan keluarga dalam Islam? Sebagai seorang muslim, sudah selayaknya Anda tahu bagaimana mengelola keuangan sesuai prinsip-prinsip yang diajarkan syariat.
Islam mengajarkan seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam finansial. Berikut cara mengelola keuangan sesuai dengan syariat Islam.

1. Membuat Prioritas Keuangan

Pengelolaan keuangan berlandaskan syariat Islam menganjurkan untuk membuat prioritas keuangan, sehingga Anda bisa memetakan mana yang benar-benar perlu sampai ke yang tidak begitu diperlukan. Jika hal ini dikelola dengan baik, tentu akan sangat bermanfaat untuk Anda. Di sini, Anda bisa memetakan kebutuhan sesuai dengan jenisnya, mulai dari primer, sekunder, dan kebutuhan pelengkap.

Baca Juga :   Yuk Kita Mengenal Keuangan Syariah di Indonesia

2. Mengelola Keuangan dengan Tepat

Islam tidak mengajarkan kita untuk tampil bermewah-mewahan dengan harta yang berlimpah, dan tidak pula menganjurkan untuk hidup miskin. Untuk itu, mengelola keuangan dengan tepat adalah langkah yang sudah sebaiknya Anda lakukan, sehingga pengeluaran dan pendapatan seimbang. Anda bisa hidup sederhana dengan tetap memenuhi kebutuhan primer, sekuder, dan kebutuhan pelengkap seperti yang telah disebutkan di atas.

3. Istri Boleh Membantu Keuangan Suami

Bolehkah istri membantu suami untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari? Sejatinya, tidak ada larangan yang memaksa istri tidak boleh membantu suami dalam soal keuangan, selama itu diniatkan untuk mendapatkan penghasilan yang halal dan membawa berkah. Ada baiknya, keuangan dikelola dengan komitmen bersama, meski nafkah keluarga memang wajib dipenuhi oleh suami.

Baca Juga :   Tips Mengatur Keuangan Keluarga yang Baik, Ini Dia!

4. Menerapkan Nilai Sakinah, Mawadah, Warahmah

Dalam pengelolaan keuangan keluarga dalam Islam, penting untuk selalu menumbuhkan rasa sakinah (tentram), mawaddah (cinta), dan rahmah (kasih sayang). Dengan demikian, diharapkan kehidupan keuangan Anda selalu dalam keberkahan karena mengikuti syariat-syariat Islam.
Itulah empat cara mengelola keuangan keluarga dalam Islam. Semoga dapat dipedomani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *