Kajian Ekonomi Deskriptif, Pahami dengan Membaca Ini!

Rajamoba.com – Kajian Ekonomi Deskriptif memang menjadi bahasan yang perlu agar kita semakin pandai tentang ekonomi, nah pada artikel ini akan dibahas lumayan detail.

Pengertian Kajian Ekonomi Deskriptif

Kajian Ekonomi Deskriptif merupakan bagian dari cabang ilmu yang sangat penting untuk kamu ketahui. Berdasarkan pengetahuan dari ilmu ekonomi sendiri yang mencakup kegiatan sederhana hingga kompleksitas sebuah economics.

Kegiatan tersebut dibagi lagi menjadi beberapa bagian sesuai klasifikasi ilmu ekonomi. Hal ini karena bertujuan untuk memudahkan pengkajian kegiatan ekonomi yang begitu kompleks sesuai ketentuan akuntansi internasional.

Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptif merupakan bagian dari klasifikasi ilmu sesuai fungsi yang dapat menjelaskan gambaran fakta (data empiris) tentang peristiwa legalitas economics. Dimana fungsinya sendiri adalah untuk mengkaji kondisi suatu perekonomian di satu tempat atau wilayah tertentu.

Adapun uraian mengenai kajian ekonomi deskriptif lebih jauhnya sebagai berikut :

1. Pengertian ekonomi deskriptif

Pengertian dari ekonomi deskriptif pada umumnya sebuah teori untuk dapat menjelaskan gambaran fakta (data empiris) tentang suatu peristiwa di bidang serupa.

Hal ini sebagaimana pengertian lain yang bernada serupa yakni sebagai ilmu untuk menggambarkan keadaan perekonomian masyarakat sebenarnya.

Selain itu, ilmu ekonomi deskriptif juga dapat dikatakan sebagai pandangan prediksi dan kondisi keadaan masyarakat sesuai keterangan relevan antara suatu permasalahan ekonomi.

Dimana tujuan dari penjelasan ini bermaksud untuk memberitahu masyarakat terkait keadaan atau kondisi ekonomi saat itu.

2. Ciri-ciri dan fungsi ekonomi deskriptif

Ciri-ciri dan fungsi ekonomi deskriptif apabila melihat sifat dan karakteristiknya, adalah sebagai berikut :
● Bersifat fakta tidak dapat direkayasa (buka karangan)
● Berwujud data grafik maupun kurva.
● Mendorong proses produktivitas
● Menciptakan mekanisme untuk pendistribusian
● Mengkoordinir setiap individu atau masyarakat untuk dapat memahami gambaran ekonomi negara sesuai kondisi sesungguhnya.

3. Teori ekonomi deskriptif

Ekonomi deskriptif berdasarkan teori dikelompokkan dalam dua kategori, yakni mikro dan makro. Dimana mikro merupakan teori yang mendasari atau mengkaji kegiatan ekonomi manusia perorangan.

Sementara ekonomi makro merupakan teori yang mengkaji keseluruhan atau skala besar seperti kebijakan pemerintah, tingkat inflasi, dan pengangguran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *