Keuangan Keluarga Dipegang Suami atau Istri? Pasangan Muda Harus Tahu

Rajamoba.com – Keuangan Keluarga Dipegang Suami atau Istri? Pasangan Muda Harus Tahu, pembahasan tentang hal ini memang agak pelik jika Anda berpikiran rumit. Namun, bagaimanapun keduanya membutuhkan diskusi yang lebih, terkait siapa yang berhak menjadi bendahara rumah tangga.

Saat berumah tangga, keuangan keluarga dipegang suami atau istri? Pertanyaan itu sering kali menjadi perdebatan pasangan muda, sehingga alih-alih menstabilkan finansial, justru yang terjadi malah sebaliknya.
Berikut ini akan dijelaskan bagaimana sebaiknya mengatur finansial suami istri. Simaklah penjelasannya.

Keuangan Keluarga Dipegang Suami atau Istri?

Jika pertanyaanya siapakah yang berhak mengatur keuangan rumah tangga, maka jawabannya akan sangat fleksibel. Meski rata-rata laki-laki yang berperan sebagai tulang punggung keluarga, keuangan rumah tangga ada baiknya dikelola bersama.

Baca Juga :   7 Cara Mengatur Keuangan Sebelum Lebaran

Baik suami maupun istri, keduanya bisa sama-sama berbagi tugas untuk mengelola keuangan keluarga. Anda bisa menyesuaikan sifat, kebiasaan, dan aktivitas sehari-hari, sehingga bisa membuat kesepakatan bersama. Namun tetap saja, pengelolaannya lebih baik dilakukan bersama.

Faktor yang Perlu Diperhatikan

Untuk menentukan keuangan keluarga dipegang suami atau istri, Anda bisa mempertimbangkannya melalui faktor-faktor di bawah ini:

1. Kebiasaan Keuangan

Yang pertama adalah kebiasaan dalam mengatur keuangan. Dalam hal ini, ada dua tipe orang dalam mengatur keuangan, yakni spender dan saver. Keduanya harus seimbang. Jika Anda termasuk tipe yang spender atau ‘menghabiskan’, ada baiknya Anda mengubah kebiasaan tersebut. Begitu juga dengan tipe saver atau ‘menyimpan’, jangan sampai Anda menjadi terlalu sulit mengeluarkan uang, terutama untuk kebutuhan bersama.

Baca Juga :   Bagaimana Keuangan Keluarga dalam Islam? Berikut Cara Pengelolaannya

2. Paham Investasi

Faktor yang tidak kalah penting dalam untuk menentukan siapa yang memegang keuangan keluarga adalah pemahaman terhadap investasi. Secara tidak langsung, investasi akan mengantarkan Anda pada tujuan keuangan bersama.

3. Bisa Membuat Keputusan Keuangan

Dalam mengelola keuangan, membuat keputusan adalah hal yang penting. Untuk itu, Anda bisa berdiskusi dengan pasangan sehingga bisa bisa menunjuk siapa yang akan membuat keputusan yang tepat.

Demikianlah beberapa faktor yang bisa Anda perhatikan untuk menentukan keuangan keluarga dipegang suami atau istri. Diskusikanlah dengan pasangan Anda, sehingga Anda mendapatkan keputusan pengelolaan finansial yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *