Konsep Ilmu Ekonomi dan Pengertiannya

 

Rajamoba.com – Ketika berbicara tentang ilmu ekonomi, kehidupan akan terus membutuhkan uang yang selalu berputar. Namun persoalan ekonomi tidak hanya tentang uang.
Kita menyadari bahwa perekonomian sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita.

Hampir semua aktivitas yang kita lakukan memiliki keterkaitan dengan kegiatan ekonomi. Mulai dari transaksi jual-beli online, meminta uang jajan kepada orang tua, hingga menabung uang jajan.

Tanpa disadari, tindakan-tindakan tersebut sebenarnya mencakup konsep dasar ilmu ekonomi.

Mari kita bahas Konsep Dasar Ilmu Ekonomi yang merupakan materi Ekonomi kelas 10. Materi ini sering muncul dalam soal UTBK Soshum, jadi penting bagi kita yang sedang mempersiapkan UTBK 2021 untuk memahami konsep ini. Mari kita simak penjelasannya!

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi dan Pengertiannya

Kata “ekonomi” berasal dari bahasa Yunani “oikonomia”, yang terdiri dari kata “oikos” yang berarti rumah tangga, dan “nomos” yang berarti aturan. Dalam arti harfiah, oikonomia merujuk pada aturan atau manajemen dalam rumah tangga.

Baca Juga :   Menulis di Website, Dapat Bayaran

Konsep ini kemudian dikembangkan oleh para ahli untuk mendefinisikan ilmu ekonomi.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmu ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip produksi, distribusi, konsumsi, serta berbagai hal yang terkait dengan penggunaan barang dan kekayaan.

Ilmu ekonomi juga sering didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari semua kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Memahami ilmu ekonomi dapat membantu kita memperoleh barang-barang yang diinginkan dengan mengatur keuangan secara mandiri.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli:
Adam Smith mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai ilmu sistematis yang mempelajari perilaku manusia dalam upaya mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga :   Memasuki Era Digital, Yuk Kenali Apa Itu Literasi Keuangan Digital

J. B. Say mengartikan ilmu ekonomi sebagai studi tentang prinsip-prinsip yang dapat menentukan kekayaan.

Aristoteles berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah cabang ilmu yang melibatkan kemampuan untuk menggunakan dan menukar barang.

Pandangan ini berkaitan dengan nilai penggunaan dan nilai pertukaran dalam ilmu ekonomi.

Karl Marx berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara manusia bertahan hidup dalam konteks kelas sosial dan penggunaan sarana produksi.

Mohammad Hatta menyebut ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari proses mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial dalam masyarakat.

Dari pengertian ilmu ekonomi oleh para ahli di atas, dapat kita ketahui bahwa konsep dasar ilmu ekonomi sebenarnya berkaitan dengan empat aspek, yaitu kegiatan ekonomi, prinsip dan motif ekonomi yang bisa kita rasakan bersama.

Baca Juga :   5 Tips Beli Baju Lebaran Paling Hemat

Nah itu dia beberapa penjelasan tentang konsep dasar ilmu ekonomi dan pengertiannya, semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *