Memasuki Era Digital, Yuk Kenali Apa Itu Literasi Keuangan Digital

Rajamoba.com – Memasuki Era Digital, kenal dengan literasi keuangan digital, memang sangat penting.

Menyoal paham akan literasi, di era sekarang, bukan hanya soal kekinian, tetapi mengikuti tren kecanggihan yang sangat mendukung bisnis yang dipunya.

Untuk itu, kita wajib paham apa itu literasi, apalagi tentang literasi keuangan di masa kini. Nah artikel ini akan membantu Anda dalam memahaminya.

Pengertian Literasi Keuangan Digital

Literasi keuangan digital adalah sebuah pengetahuan mengenai kegiatan dan layanan keuangan melalui teknologi digital. Di era serba modern dengan tingkat teknologi yang tinggi saat ini, bukan tidak mungkin masyarakat tidak memiliki pemahaman sama sekali mengenai keuangan digital.

Tapi sayangnya, disamping kemudahan yang diberikan oleh teknologi keuangan digital membuat masyarakat cenderung lebih boros dan konsumtif terhadap apapun.

Baca Juga :   Kredit Rumah BCA, Tempat Nyaman untuk Cicilan

Itulah sebabnya sangat penting untuk memahami literasi keuangan digital agar dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri.

Jika dilihat saat ini, Sebagian masyarakat sudah banyak beralih menggunakan keuangan digital. Selain praktis, keuangan digital ini bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Tetapi, melalui kegiatan digital ini juga kerap rawan terhadap penipuan.

Seperti modus yang paling banyak ditemukan saat ini adalah dugaan salah transfer dan hack akun bank tanpa disadari oleh pengguna. Sebagai pemilik, kita tntunya dituntut untuk ekstra hati-hati dengan cara tidak sembarangan meng-klil link dari orang yang tak dikenal.

Selain itu, ditengah ramainya keuangan digital saat ini masyarakat juga semakin melek dan sadar untuk melakukan investasi dan menabung. Apabila seseorang tersebut mampu menabung dengan baik, maka masa depannya akan sangat terjamin.

Baca Juga :   Cara Membuat Tabungan Anak, Siapkan Syarat-syaratnya

Tujuan dari literasi keuangan digital agar masyarakat lebih berhati-hati dan bijaksana saat menggunakan layanan keuangan digital.

Hal positif yang bisa diambil dari keuangan digital adalah kemudahan, sedangkan sisi negative yang perlu diwaspadai adalah kejahatan digital dan perlakuan yang cenderung lebih boros dan konsumtif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *