Pengertian Polis Asuransi dan Fungsi yang Harus diketahui!

Polis asuransi menjadi wajib diketahui bagi Anda yang minat bekecimpung mendaftarkan diri sebagai anggota. Adapun definisi dan juga manfaatnya, bisa Anda ketahui di sini.

Untuk itu, kita harus tahu mulai dari pengertian polis, hingga fungsinya, dengan membaca artikel ini sampai usai.

Pengertian Polis Asuransi

Polis asuransi adalah dokumen kontrak yang dibuat antara pihak asuransi (penanggung) dan nasabah (tertanggung). Dokumen ini berisi ketentuan-ketentuan yang mencakup data polis, lampiran premi asuransi, tabel manfaat, pasal pengecualian, dan lain-lain.

Polis asuransi dapat dianggap sebagai perjanjian yang sah yang mengatur hak, kewajiban, dan tanggung jawab kedua belah pihak untuk melindungi kepentingan bersama.

Fungsi Polis Asuransi

Fungsi polis asuransi terbagi berdasarkan kepentingan kedua belah pihak. Bagi nasabah, polis berfungsi sebagai bukti tertulis yang sah mengenai jaminan perlindungan untuk berbagai risiko yang mungkin terjadi pada tertanggung. Selain itu, nasabah dapat menggunakan polis sebagai bukti otentik untuk menuntut penanggung jika terjadi kelalaian dalam memenuhi hak-hak nasabah.

Baca Juga :   Tujuan dan Manfaat Uang Baru Redenominasi Rupiah

Bagi perusahaan asuransi, polis berfungsi sebagai bukti tertulis mengenai manfaat dan jaminan yang diberikan kepada tertanggung. Polis juga berfungsi sebagai bukti otentik yang sah untuk menolak tuntutan klaim dari tertanggung jika klaim tidak memenuhi ketentuan yang tercantum dalam polis.

Dengan kata lain, polis asuransi memiliki peran penting dalam menjaga kejelasan dan keabsahan perjanjian antara pihak asuransi dan nasabah. Polis menjadi dasar bagi kedua belah pihak untuk melindungi hak dan kewajiban mereka dalam konteks perlindungan asuransi.

Polis asuransi juga sangat bermanfaat menjaga kepercayaan pelanggan dan tidak ragu saat melakukan transaksi atau selama proses menjadi nasabah ataupun anggota jasa asuransi tertentu.

Nah itu dia sajian artikel tentang pengertian polis, fungsi dan juga manfaat yang harus Anda ketahui. Tidak perlu risau saat menjadi anggota, karena sekarang ini banyak sekali jenis asuransi yang bisa membantu keuangan Anda, mengamankan aset, atau bahkan menjamin kehidupan di masa depan kelak, semoga artikel ini bermanfaat ya, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Baca Juga :   Cara Perolehan Aktiva Tetap, Ada 5, Skuy Baca!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *