Peran Statistik dalam Kehidupan, Seberapa Besarkah?

Statistik yang sangat erat kaitannya dengan data-data, sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa saja manfaat statistik atau kegunaannya?

Nah pada artikel kali ini akan membahas tentang apa saja kegunaan statistik, jadi baca sampai akhir ya.

Ini Dia Kegunaan Statistik, Yuk Pelajari

Statistik memiliki beberapa kegunaan yang membantu manusia dalam pengambilan keputusan. Berikut adalah beberapa kegunaan statistik:

Memberikan gambaran

Statistik membantu dalam memberikan gambaran yang spesifik atau umum tentang suatu keadaan, peristiwa, atau gejala.

Pengujian hipotesis

Statistik digunakan untuk menguji apakah ada perbedaan antara dua gejala atau fenomena. Pengujian ini akan mengungkap apakah perbedaan tersebut signifikan atau hanya hasil kebetulan.

Baca Juga :   Tips Mendapatkan Penghasilan dari Bisnis Blog AdSense

Pemantauan perkembangan

Statistik digunakan untuk memantau perkembangan suatu gejala, peristiwa, atau keadaan dari waktu ke waktu. Hal ini membantu dalam memahami tren dan perubahan yang terjadi.

Hubungan antara gejala

Statistik membantu dalam menentukan apakah ada hubungan antara satu gejala dengan gejala lainnya. Ini memungkinkan identifikasi korelasi atau keterkaitan antara variabel.

Penyusunan laporan

Statistik digunakan untuk menyusun laporan yang berisi data kuantitatif dengan cara yang ringkas, jelas, dan teratur. Laporan ini memberikan informasi yang mudah dipahami dan digunakan dalam pengambilan keputusan.

Penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan

Statistik membantu dalam menarik kesimpulan secara logis dan mengambil keputusan yang baik dan benar berdasarkan analisis data yang telah dilakukan.

Baca Juga :   Cara Menabung di Bank untuk Pelajar, Syaratnya Mudah Kok!

Dengan demikian, statistik memiliki peran yang penting dalam mengolah data dan memberikan wawasan yang berguna dalam berbagai bidang kehidupan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *