Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral, Ini Dia!

Rajamoba.com – Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral, jika dilihat dari segi fisiknya mungkin akan kentara.

Uang kartal merupakan sebuah alat pembayaran yang sering digunakan untuk melakukan transaksi dengan metode konvensional.

Sedangkan uang giral lebih banyak digunakan untuk bisa menunjang kecepatan transaksi. Uang giral akan lebih banyak terasa manfaatnya jika digunakan dalam jumlah banyak.

Perbedaan Antara Uang Kartal dan Giral

Perbedaan antara keduanya, Giral dan Kartal, tidak hanya soal jumlah uangnya, tetapi benda atau bahan dasarnya.

Terdapat pula beberapa hal yang harus di ketahui tentang perbedaan uang kartal dan uang giral. Hal yang membedakan ada di penjelasan di bawah ini.

Baca Juga :   Mengatur Keuangan untuk Menu Lebaran, Tips Hemat dan Efisien

Perbedaan uang kartal dan uang giral yang pertama sesuai dengan definisinya. Uang kartal adalah golongan uang yang disebut dengan istilah uang kertas dan uang logam.

Biasanya, uang kartal tak lain terbuat dari kertas dengan gambar maupun desain tertentu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Seperti yang dijelaskan dalam Undang-Undang No. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia, dimana dijelaskan bahwa uang kertas merupakan jenis uang yang berbentuk lembaran yang terbuat dari bahan kertas atau bahan lainnya (yang menyerupai kertas).

Sedangkan uang logam merupakan sebuah alat pembayaran yang terbuat dari emas atau perak. Adanya nominal pada uang logam juga memiliki nilai intrinsik serta nilai tukar.

Baca Juga :   Baru Ingin Beli Motor? Langkah Membeli Sepeda Motor Bisa dibaca di Sini!

Sementara itu, didalam UU No. 7 tentang Perbankan tahun 1992, definisi uang giral merupakan sebuah tagihan umum yang dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai alat pembayaran.

Bentuk Uang Giral

Bentuk dari uang giral seperti, giro, cek, atau pun telegraphic transfer. Perbedaan uang kartal dan uang giral lainnya yakni dari sifatnya, dimana uang giral bukan menjadi alat pembayaran yang sah sehingga masyarakat dapat menolak untuk menggunakannya dalam bertransaksi.

Nah itu dia beberapa perbedaan yang bisa kita telaah. Ternyata antara uang giral dan kartal, keduanya memiliki perbedaan yang mudah dikenali, baik dari bahan pembuatan, hingga fungsi masing-masing uang tersebut. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *