Apa Itu Jenis Uang Giral? Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Rajamoba.com – Apa Itu Jenis Uang Giral? Bagi masyarakat biasa pasti masih ada yang bertanya-tanya tentang keberadaan uang giral.

Nah uang giral sendiri, adalah uang yang bukan berupa uang langsung namun bisa untuk menggantikan uang yang sesungguhnya. Nah loh, bingung sendiri kan apa yang dimaksud uang giral itu?

Pengertian Uang Giral

Jenis uang giral adalah jenis uang yang tidak memiliki bentuk. Bagaimana maksudnya?

Di dunia bank, uang giral adalah jenis uang yang berupa saldo. Ada banyak jenisnya, yaitu saldo kartu kredit, bilyet, dan giro. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan uang giral?

• Uang giral dinilai jauh lebih praktis dibanding uang kartal, hanya saja kekurangannya adalah kurang efektif jika ingin membayar transaksi nominal kecil

Baca Juga :   Cara Menabung Rutin Umur 20 untuk Investasi Masa Depan

• Uang giral memiliki tingkat dicuri dan hilang yang sangat minim, tapi sayangnya uang giral tidak bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

• Keamanannya lebih terjamin karena mmebutuhkan validasi pemilik, tapi sayangnya hany bisa digunakan untuk alat transaksi tertentu saja. Misalnya melakukan pembayaran di mall.

• Nominal transaksi tak terbatas dan bisa digunakan dalan jumlah besar-besaran. Tapi, jika ingin dicairkan harus melalui bank terlebih dahulu.

Beberapa Jenis Uang Giral

Agar Anda tidak semakin bingung, kita coba saja langsung, menyajikan beberapa jenis uang giral, yuk ini dia:

1. Cek

Cek masuk ke dalam jenis uang giral. Cek merupakan surat berharga terbitan resmi dari bank yang berisi perintah dari pemilik rekening untuk membayar sejumlah dana kepada seseorang dengan cara ditulis di cek tersebut.

Baca Juga :   Terbukti Cair Dan Sudah Pasti Masuk Rekening Cuma Modal KTP Saja Simak Cara Daftarnya

2. Giro

Giro merupakan jenis saldo dalam bank dengan sistem pencairan menggunakan surat berharga si pemilik dan giro tidak bisa dipindah bukukan.

3. Kartu Kredit

Pastinya kita tak heran lagi dengan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Di akhir bulan pemilik kredit akan melakukan pembayaran seluurh tagihan yang telah digunakan kepada bank.

Itu tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan uang kartal beserta jenis uang giral yang harus diketahui. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *