Cara Membedakan Uang Baru 100 ribu Asli dan Palsu

Rajamoba.com – Cara Membedakan Uang Baru 100 ribu Asli dan Palsu memang masih butuh untuk meraba-raba, pasalnya keduanya memiliki gambar yang mirip banget.

Jika Anda masih kebingungan, di sini akan ada tips yang bisa Anda terapkan, jadi jangan ke mana-mana, tetap baca artikel ini sampai usai ya guys.

Tips Membedakan Uang 100 Ribu Asli atau Palsu

Uang palsu pecahan 100 ribu beredar di sekitar kita. Anda perlu mengetahui cara membedakan uang baru 100 ribu asli dan palsu, berikut ini langkah 3D yang sudah dikampanyekan oleh Pemerintah dan juga Bank Indonesia.

1. Dilihat

Langkah pertama dalam cara membedakan uang baru 100 ribu asli dan palsu yakni dengan melihatnya.

Baca Juga :   Mencari Uang dengan Jalan Menulis di Blog

Dari sisi desain, uang baru 100 ribu TE 2022 disebut mempunyai gambar 2 tokoh proklamator Indonesia dan dilengkapi dengan lambang negara, Kepulauan Indonesia, serta bunga anggrek bulan.

Sementara dari sisi belakang, uang 100 ribu baru TE 2022 menampilkan Tari Topeng Betawi, lalu gambar Kepulauan Raja Ampat yang telah dipadukan dengan keanggunan bunga anggrek bulan.

Adapula angka nominal pecahan, benang pengaman, dan tinta yang dapat berubah warna khusus pada uang pecahan Rp100.000, Rp50.000, dan Rp20.000.

2. Diraba

Hal selanjutnya yang harus dilakukan yakni diraba. Jika asli, uang baru 100 ribu akan memiliki kode tunanetra atau blind code yang ada di sisi samping kanan-kiri bagian depan.

Baca Juga :   Belajar Investasi bagi Siswa, Ini Dia Caranya

Ukuran untuk uang pecahan Rp100 ribu TE 2022, yakni mencapai 151x65mm.

3. Diterawang

Langkah terakhir dalam membedakan uang baru 100 ribu apakah asli atau palsu yakni dengan menerawangnya.

Ketika diterawang, maka uang baru 100 ribu yang asli akan menunjukkan watermark dan gambar saling isi (rectroverso).

Selain itu, jika anda melihat dari bawah sinar UV, nominal 100.000, BI, Kepulauan Negara Indonesia, kode tunanetra, dan gambar bunga anggrek bulan akan menyala.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *