Ini yang Membedakan Pecahan Rupiah Uang Baru dan Lama

Rajamoba.com – Ini yang Membedakan Pecahan Rupiah Uang Baru dan Lama, kira-kira apa ya? Yuk mari simak ulasan pada artikel berikut ini.

Uang rupiah, selalu diproduksi sesuai perintah dari atasan atau dalam hal ini pemerintah. Kehadiran uang baru, biasanya selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Karena aka ada hal baru dan unik saat uang baru beredar.

Inilah Perbedaan Uang Baru dan Lama

Uang TE 2022 hadir dengan tampilan baru, namun tetap mempertahankan gambar utama para pahlawan nasional di bagian depan, serta mengandung tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Berikut ini perbedaan paling mencolok dari pecahan rupiah uang baru dengan yang lama:

Baca Juga :   Manfaat dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur, Ini Dia!

1. Desain

Uang baru berjenis kertas kali ini sengaja didesain dengan meningkatkan kontras warna yang sebelumnya monokrom, dan sudah mempunyai warna yang lebih tajam colorful atau dengan warna yang lebih mencolok. Namun, BI tidak mengubah warna dasar dari masing-masing dari setiap pecahan.

2. Benang Pengaman

Penempatan benang pengaman di uang baru versi 2022 pun ikut diubah. Pada keluaran sebelumnya, penempatan benang pengaman dibuat berbeda-beda. Sementara untuk semua uang baru TE 2022 sudah diselaraskan untuk diletakkan di sisi kiri.

BI pun menerima usulan masyarakat penyandang tunanetra agar mudah mengenali nominal uang kertas dengan menambahkan kode tuna netra atau Blind Code.

3. Teknologi Mutakhir dan Keamanan Ultra Violet

Uang baru 2022 telah dilengkapi benang pengaman baru yang dinamakan microlenses. Terdapat benang pengaman yang diberikan pada uang baru TE 2022. Benang tersebut diklaim sebagai sebuah teknologi paling tinggi, terbaru hingga yang terbaik yang pernah dipakai pada uang pecahan Rp 75.000.

Baca Juga :   Apa Itu Premi Asuransi Menurut UU?

Selain itu, ada pula peningkatan pengamanan ultra violet. Untuk pengamanan ultraviolet ini telah ditambah di sejumlah sisi.

4. Masa Edar Tahan Lama

Uang baru TE 2022 sengaja didesain dengan bahan yang lebih kuat yang juga diklaim anti lusuh. Hal ini dibuat dengan tujuan agar lebih lama masa edarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *