Jenis Dana Pensiun yang Harus Anda Tahu!

Dana Pensiun – Membahas soal dana pensiun yang bisa menjamin seseorang di hari tua, memang membuat orang bersemangat. Apa lagi, Anda merupakan informan yang membutuhkan informasi tersebut, pasti akan penasaran.

Nah artikel ini akan membahas mulai dari pengertian, hingga jenis-jenisnya, yuk baca!

Pengertian Dana Pensiun

Dana pensiun adalah sebuah entitas hukum yang bertanggung jawab mengelola dan menjalankan program-program yang memberikan manfaat pensiun kepada pesertanya, seperti pembayaran rutin, tunjangan kesehatan, akses ke fasilitas tertentu, dan sebagainya.

Manfaat pensiun diberikan kepada individu yang telah pensiun berdasarkan pekerjaan yang mereka lakukan sebelum pensiun. Biasanya, manfaat pensiun mulai dibayarkan ketika peserta pensiun mencapai usia pensiun normal atau setelahnya.

Baca Juga :   Menabung di Bank Termasuk Kebutuhan yang Bagus untuk dijalani

Di Indonesia, terdapat tiga jenis dana pensiun berdasarkan Undang-Undang No. 11 tahun 1992:

Dana Pensiun Pemberi Kerja

Dana pensiun yang didirikan oleh individu atau lembaga yang mempekerjakan karyawan, sebagai pendiri, untuk menyelenggarakan program pensiun dengan manfaat pasti atau program pensiun dengan iuran pasti.

Program ini dimaksudkan untuk kepentingan sebagian atau seluruh karyawan sebagai peserta, dan membebani kewajiban pemberi kerja.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Dana pensiun yang diselenggarakan oleh lembaga keuangan yang mempekerjakan karyawan, dengan program pensiun iuran pasti. Iuran tersebut hanya berasal dari pemberi kerja dan didasarkan pada rumus yang terkait dengan keuntungan pemberi kerja.

Dana Pensiun Lembaga Keuntungan

Dana pensiun yang didirikan oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program pensiun iuran pasti bagi individu, baik karyawan maupun pekerja mandiri.

Baca Juga :   Kredit Rumah Tanpa DP, Ini Info Lengkapnya!

Dana ini terpisah dari Dana Pensiun pemberi kerja yang berlaku bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.

Program dana pensiun di Indonesia dapat dilaksanakan oleh lembaga pemerintah maupun swasta. Pemerintah Indonesia membentuk lembaga untuk mewujudkan program-program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan, memberikan rasa aman, perlindungan kesehatan, perlindungan terhadap kecelakaan kerja, serta manfaat hari tua, pensiun, dan kematian. Program ini ditujukan untuk karyawan baik di sektor pemerintah maupun swasta.

Pelaksanaan dana pensiun pemerintah di Indonesia sekarang pun berusaha memberikan yang terbaik bagi rakyatnya, agar kehidupan para rakyat bisa terjamin meski tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan, semoga artikel ini membantu.

Baca Juga :   Jenis Asuransi Mobil, Jelajahi Info Asuransi Ini!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *