Pengertian Kebutuhan Primer Lengkap dengan Contohnya!

Rajamoba.com – Kebutuhan merupakan suatu hal yang dituntut untuk terpenuhi, dan memiliki tingkatan kebutuhan sesuai dengan keterdesakannya. Nah kali ini kita akan membahas tentang kebutuhan primer.

Pengertian Kebutuhan Primer

Menurut Suryana (2008), di antara banyak kebutuhan yang ada, kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan tetap menjadi yang paling utama dalam permintaan masyarakat. Dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut, manusia terlibat dalam tiga komponen utama: primer, sekunder, dan tersier. Seperti yang dijelaskan oleh Douglas dan Isherwood (dalam Featherstone, 2008), kelas konsumsi dapat dibagi berdasarkan tiga kelompok barang, yaitu: benda mentah yang terkait dengan sektor produksi primer seperti makanan, minuman, dan fast food.

Kemudian, ada kelompok peralatan dasar dan teknologi yang terkait dengan sektor produksi sekunder, seperti alat transportasi, pakaian, sepatu, tas, dan kosmetik. Terakhir, terdapat kelompok waktu senggang yang terkait dengan produksi tersier, seperti barang-barang informasi dan komunikasi seperti smartphone, serta aktivitas rekreasi seperti berbelanja di mal, pergi ke diskotek, dan berolahraga.

Kebutuhan primer dapat diartikan sebagai kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh setiap individu, yaitu pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Kebutuhan primer ini sangat penting untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Menurut International Labour Organization (ILO), kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik dasar yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dasar setiap individu, baik mereka yang kaya maupun miskin.

Contoh Kebutuhan Primer

Contoh dari kebutuhan primer meliputi sandang, pangan, rumah, dan pendidikan. Sebagai contoh, bagi para Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri, kebutuhan primer mereka adalah memastikan pendidikan anak-anak di kampung halaman tercukupi, membangun rumah yang layak, dan memenuhi kebutuhan sandang dan pangan dengan penghasilan yang mereka peroleh saat bekerja di luar negeri.

Kebutuhan primer terdiri dari sandang, pangan, dan papan. Sandang merujuk pada pakaian yang dikenakan manusia. Pakaian menjadi kebutuhan primer yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat kita. Selanjutnya, pangan merupakan sumber makanan yang merupakan kebutuhan utama bagi manusia.

Itu dia sajian artikel tentang kebutuhan primer, semoga Anda terbantu dengan penjelasan kami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *