Laporan Neraca, Laporan Keuangan Akutansi Umum dipakai Perusahaan

Laporan keuangan menjadi salah satu syarat kemudahan mengelola keuangan. Ada banyak sih jenis laporan yang bisa kita pelajari, namun apa salahnya mempelajari secara fokus, salah satu dahulu.

Laporan keuangan akutansi memang banyak banget, salah satunya laporan neraca yang akan dibahas detail di bawah ini.

Pengertian Laporan Neraca

Neraca merupakan laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai kondisi atau posisi keuangan suatu perusahaan atau entitas usaha pada satu titik waktu tertentu.

Kondisi keuangan yang penting bagi perusahaan yang beroperasi dinyatakan dalam nilai aset yang dimiliki, jumlah utang yang harus dibayar, dan jumlah modal perusahaan.

Apa Saja yang dibahas Laporan Neraca?

Neraca menyajikan informasi mengenai nilai aset, utang, dan modal perusahaan pada suatu waktu. Bisanya, neraca disajikan dalam setiap periode untuk memberikan

Baca Juga :   7 Tips Mudik dengan Keuangan Terbatas

Neraca menyajikan aset, kewajiban, serta ekuitas (modal) perusahaan pada suatu saat atau saat akhir periode pelaporan (misalnya akhir bulan atau akhir tahun).

Neraca Ini minimal mencakup tentang

Kas

Setara kas di mana Laporan Neraca ini dimiliki untuk memenuhi komitmen jangka pendek dan bukan untuk tujuan investasi atau lain, seperti rekening giro.

Piutang usaha dan piutang lainnya

Sehingga Laporan Neraca merupakan aset untuk dijual di dalam kegiatan usaha normal, dalam proses produksi untuk kemudian dijual, dalam bentuk bahan atau perlengkapan digunakan di dalam proses produksi atau pemberian jasa.

Baca Juga Jenis Dana Pensiun yang Harus Anda Tahu

Properti Investasi

Properti investasi merupakan properti (tanah/bangunan, bagian bangunan/keduanya) yang dikuasai (oleh pemilik atau less melalui sewa pembiayaan) untuk menghasilkan sewa, kenaikan nilai dan tidak akan digunakan dalam proses produksi maupun penyediaan barang atau jasa, tujuan administrasi, ataupun dijual di dalam kegiatan usaha biasa.

Baca Juga :   Koperasi Pinjaman Karyawan Bagus untuk kamu yang Ingin Menabung

Mempunyai ilmu atau bekal tentang pengetahuan laporan keuangan, ternyata penting ya. Kita akan mudah saat ingin masuk ke sebuah perusahaan, atau ilmu tersebut digunakan untuk bisnis pribadi.

Semoga pengetahuan laporan neraca, laporan keuangan akutansi ini bisa bermanfaat ya guys, yuk baca artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *