Pengertian Statistik, Yuk Pelajari Selengkapnya di Sini!

Mengenal statistik menjadi hal yang sangat perlu menimbang beberapa hal di dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berhubungan dengan perkara hitung-hitungan.

Memang sih, statistik tidak hanya perkara tentang nominal angka, tetapi statistik sudah pasti berkaitan dengan data yang harus kita kelola.

Nah pada artikel ini akan membahas lengkap terkait pengertian statistik dalam berbagai definisi menurut para ahli, yuk baca selengkapnya.

Berikut adalah pengertian statistik menurut beberapa ahli

Anderson dan Bancroft

Pada pengertian yang pertama, dua orang ahli, Anderson dan Bancroft mengemukakan pendapat mereka.

Menurut mereka, statistik adalah seni dan ilmu dalam mengembangkan metode yang efektif untuk mengumpulkan, merangkum, dan menginterpretasikan data kuantitatif. Statistik juga melibatkan estimasi dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan penalaran induktif dan probabilitas matematika.

Baca Juga :   Sistem Keuangan Internasional, Mari Mengenal dengan Membaca Info Ini!

Anto Dajan

Kemudian pada definisi yang kedua, diutarakan oleh Anto Dajan tentang apa pengertian Statistik, yuk baca.

Menurut Anto Dajan, statistik adalah data kuantitatif yang disusun dalam bentuk tabel, termasuk data yang sudah terstruktur dan belum terstruktur.

Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.

Pendapat yang ketiga, tidak kalah menarik, salah satu orang yang ahli dalam keilmuan, Prof. dr. sudjana juga ikut andil memberikan pengertian Statistik.

Prof. Dr. Sudjana berpendapat bahwa statistik adalah pengetahuan yang berkaitan erat dengan metode pengumpulan, pengolahan, dan analisis data. Dengan statistik, kita dapat membuat kesimpulan berdasarkan data dan analisis yang telah dilakukan sebelumnya.

Prof. Dr. H. Agus Irianto

Prof. Dr. H. Agus Irianto mendefinisikan statistik sebagai serangkaian metode atau aturan yang terkait dengan pengumpulan, analisis, dan penarikan kesimpulan dari data berbentuk angka dengan menggunakan asumsi tertentu.

Baca Juga :   Merayakan Hari Raya dengan Bisnis Kuliner yang Potensial, Ada Apa Saja?

Croxton dan Cowden

Menurut pendapat yang terakhir, dua ahli Croxton dan Cowden juga tidak kalah menarik dalam menjelaskan pengertian statistik.

Menurut Croxton dan Cowden, statistik adalah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan, dan menginterpretasikan data berbentuk angka.

Demikianlah pengertian statistik menurut beberapa ahli. Semoga apa yang diutarakan oleh para ahli, bisa mudah untuk dipahami, sekian penjelasan, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *