Perbedaan Statistik dan Statistika

Sebagai salah satu pejuang ilmu, mengetahui perbedaan antara statistik dengan statistika menjadi hal yang sangat wajar dan perlu agar ilmu Anda tentang perhitungan atau ekonomi bisa semakin terasah.

Nah artikel ini pun sangat siap memberikan jawaban terkait perbedaan antara keduanya, jadi jangan ke mana-mana ya, yuk pelajari lebih lanjut pada artikel di bawah ini.

Pengertian yang Membedakan Statistik dan Statistika

Statistik dan statistika memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari definisi masing-masing. Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan menyajikan data.

Sementara itu, statistik merujuk pada kumpulan data, baik berupa angka maupun non-angka, yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang berkaitan dengan suatu masalah tertentu.

Baca Juga :   Mengumpulkan Uang Kertas, Tips dan Trik untuk Memulai Koleksi

Mengartikan statistik dengan statistika satu-satu sangat diperlukan, agar definisi yang bisa Anda pelajari semakin jelas. Namun, Anda juga sangat perlu bisa membedakannya dalam segi isi atau bahasan yang lebih detail, untuk itu, jangan lupa baca penjelasan berikutnya ya.

Penjelasan tentang perbedaannya, sudah diulas lengkap pada artikel ini, dari pada berlama-lama, yuk baca langsung sampai akhir.

Ini Dia Perbedaan Statistik dan Statistika

Perbedaan yang paling kentara memang pada kata yang terpaut di antara keduanya, yaitu kata statistik yang tidak ada embel-embel a nya di belakang, sedangkan statistika, tentu saja ada.

Perbedaan itu ternyata juga sangat berpengaruh terhadap penjelasan pada masing-masing istilah, dan cakupan bahasan yang akan dibahas.

Baca Juga :   Cara Membuat Buket Uang Simple di Rumah

Secara singkat, statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan data, sementara statistik adalah hasil atau informasi yang diperoleh dari penerapan metode statistika pada data tersebut.

Jika dilihat dari sini, tentu saja sudah jelas bahwa kata statistika sangat berkaitan dengan ilmu, sedangkan statistik ini sebatas informasi yang diperoleh.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian statistik dan perbedaannya dengan statistika. Semoga penjelasan ini dapat meningkatkan pemahaman Anda dan membantu menghindari kesalahan dalam membandingkan statistik dan statistika.

Nah itu dia beberapa ulasan mengenai perbedaan statistik dan statistika yang harus Anda pahami, semoga ulasan di atas bisa membantu para pembaca menemukan jawaban yang sedang dicari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *