Cara Mendapatkan Cuan dengan Kemampuan Berpuisi

Rajamoba.com – Mendapatkan pemasukan melalui dunia literasi sekarang ini bisa dengan banyak jalan, di antaranya menjadi penulis puisi dan menjadikan puisi itu dibayar, bagaimana caranya?

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan melalui menulis puisi:

Mengikuti Lomba Puisi secara Online

Salah satu cara paling mudah untuk mencoba peruntungan dalam menulis puisi adalah dengan mengikuti perlombaan puisi secara online. Informasi tentang lomba-lomba tersebut dapat diakses melalui media sosial, terutama Instagram. Akun-akun seperti @info_lomba dan @lomba_online seringkali membagikan informasi tentang lomba puisi.

Meskipun kebanyakan lomba ini membutuhkan biaya pendaftaran sekitar Rp10.000,00 – Rp20.000,00 per karya, kesempatan ini tetap layak untuk dicoba. Hadiah uang yang didapatkan dapat menjadi tambahan untuk tabungan Anda.

Mengirim Karya Puisi ke Media Massa

Media massa, baik cetak maupun digital, masih memberikan kesempatan bagi penulis puisi untuk mengirimkan karyanya yang nantinya akan dimuat dalam rubrik sastra.

Baca Juga :   3 Aplikasi Uang Digital Terpercaya yang Bagus untuk Transaksi

Anda dapat mencari informasi dengan menghubungi kantor media massa seperti Solopos melalui pesan langsung di akun Instagram mereka atau mengunjungi langsung kantornya.

Anda akan diberitahu mengenai persyaratan dan prosedur pengiriman karya puisi. Perlu diingat bahwa karya yang dikirimkan akan mengalami proses seleksi sebelum dimuat. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan teruslah mencoba.

Menjadi Penulis Lepas di Situs Tertentu

Anda dapat mencoba menjadi penulis lepas atau freelance writer di situs media massa tertentu seperti IDN Times. Mendaftar sebagai penulis lepas di media massa digital umumnya tidak sulit, Anda hanya perlu membuat satu akun.

Dengan menjadi penulis lepas, Anda dapat mengirimkan puisi dan jenis artikel lainnya ke situs tersebut. Karya yang berhasil diunggah akan memberikan Anda poin yang dapat ditukar dengan uang.

Baca Juga :   Menghasilkan Uang dari Jualan Alat Tulis, Yuk Coba Pakai Cara Ini!

Namun, puisi yang Anda unggah akan melalui tahap editorial dan belum tentu semuanya akan dipublikasikan. Konsistensi dan terus mencari inspirasi menjadi kunci keberhasilan dalam hal ini.

Membuat Buku Antologi Puisi Mandiri

Anda dapat membuat kumpulan karya puisi sendiri yang kemudian dijadikan satu dalam bentuk antologi puisi.

Untuk menghasilkan uang dari antologi tersebut, Anda dapat mencoba mengajukannya ke penerbit resmi. Penerbit akan memberikan syarat dan ketentuan terkait pengajuan antologi, penerbitan, royalti penjualan, dan sebagainya.

Baca Juga, Trik Investasi Saham yang Bagus, Kuy Baca

Siapa tahu, antologi puisi Anda dapat laku di pasaran dan memberikan keuntungan yang besar.

Namun, perlu diingat bahwa proses ini membutuhkan waktu yang panjang dan kesabaran. Pengajuan antologi Anda mungkin tidak langsung diterima, oleh karena itu tetap semangat dan terus berusaha.

Baca Juga :   Pinjaman Syariah Tanpa Riba Baitul Maal Wat Tamwil

Bergabung dengan Komunitas Seni

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan bergabung dengan komunitas seni. Dalam cara ini, Anda dapat menyumbangkan puisi Anda melalui pertunjukan seni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *