Cara Menulis Buku Tabungan di Buku Harian

Rajamoba.com – Cara Menulis Buku Tabungan di Buku Harian sepertinya masih dicari orang ilmunya, hal ini karena sebagian kalangan masih tertarik mencatat secara manual buku tabungan yang ia punya.

Sebelum mengetahui cara menulis buku tabungan yang benar, hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai pemula adalah menentukan tujuan menabung.

Buku tabungan bermanfaat untuk memantaau pengeluaran sekaligus pemasukan dana tabungan.

Pembuatannya sangat sederhana, bahkan kamu bisa melakukannya di rumah dengan bermodalkan buku harian tak terpakai. berikut tipsnya.

1. Membuat Target

Setelah menetapkan tujuan menabung, buat target dan judul tabungan. Hal ini terkesan sepele, tetapi dapat memotivasi untuk giat dalam menabung.

Selain itu, penting juga untuk menulis jenis tabungan yang akan digunakan. Misalkan jenis tabungan harian, mingguan, bulanan, tahunan, ataupun jangka Panjang.

Baca Juga :   Membuat Tabungan BRI Online, Gampang dan Praktis

2. Buat Tabel

Cara menulis buku tabungan selanjutnya adalah membuat tabel sederhana dengan lima kolom, kolom tanggal, keterangan, setoran menabung, penarikan, dan saldo.

Table-tabel ini disesuaikan dengan tanggal di bulan tersebut. Jika kamu bingung, ada banyak contoh tabel tabungan sederhana yang bisa ditiru di pencarian internet.

3. Rekap

Saat memasuki akhir bulan, segera lakukan rekap dengan cara menjumlahkan total seluruh setoran dan penarikan di bulan tersebut. Dalam proses menabung, tahap rekapitulasi sangat penting untuk mengetahui jumlah uang yang telah ditabung dan ditarik kembali.

Apabila uang yang kamu tabung sudah cukup banyak, sebaiknya segera pindahkan ke bank untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Semoga informasi mengenai cara menulis buku tabungan di atas tadi bermanfaat buat kamu yang ingin menabung.

Baca Juga :   Pinjaman Online Berizin OJK Modal KTP Hanya 10 Menit Langsung Cair

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *