Yuk Kita Mengenal Keuangan Syariah di Indonesia

Rajamoba.com – Mengenal Keuangan Syariah di Indonesia sudah menjadi pelajaran yang penting, menimbang peminat lembaga syariah kini semakin banyak.

Membahas mengenai keuangan syariah di Indonesia sebenarnya cukup panjang. Mulai dari sejarah, prinsip dan juga produknya. Prinsip keuangan syariah sendiri banyak diminati masyarakat Indonesia karena cukup membantu memperlancar perekonomian. Terlebih saat ini banyak lembaga keuangan syariah yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Diketahui Bank Syariah Pertama yang ada di Indonesia adalah Bank Muamalat yang didirikan pada 1 November 1991. Hal tersebut menjadi tonggak sejarah keuangan syariah semakin dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia.

Bank tersebut merupakan hasil kerja tim perbankan MUI di bawah PT Bank Muamalat Indonesia (BMI)
Keuangan syariah adalah sistem keuangan berdasarkan prinsip hukum ekonomi Islam. Prinsip ini sangat berbeda dengan prinsip yang diaplikasikan pada lembaga keuangan konvensional. Pada sistem keuangan syariah dilarang memasukkan unsur-unsur seperti maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) serta riba.

Baca Juga :   Pilih Pinjaman Karyawan Mandiri, Ia Sobat Kita!

Perkembangan lembaga keuangan syariah yang terdapat di Indonesia saat ini cukup signifikan. Dibuktikan dengan banyaknya bank berbasis syariah dan juga lembaga keuangan syariah non bank.

Mulai dari BMT (Baitul Mal wa Tamwil) hingga asuransi syariah.
Beberapa masyarakat pun banyak yang kemudian beralih dari bank konvensional atau lembaga keuangan konvensional lainnya karena dirasa lebih nyaman dan sesuai dengan tuntunan syariah.

Namun beberapa lainnya ada pula yang berpendapat bahwa sistem keuangan syariah yang diterapkan di Indonesia perlu pembenahan karena masih menggunakan sistem perhitungan yang sama dengan perhitungan bunga.

Mengenai produk keuangan syariah yang ada di Indonesia juga bervariasi. Mulai dari simpanan dan juga pembiayaan. Bahkan dari produk simpanan dan pembiayaan tersebut dikembangkan menjadi lebih bervariatif. Mulai dari simpanan khusus Idul Fitri, Qurban, sekolah dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Cara Menagih Hutang dengan Baik ke Teman Terdekat

Itulah sedikit ulasan mengenai lembaga keuangan syariah di Indonesia. Perkembangannya yang begitu pesat ditandai dengan kehadiran lembaga keuangan yang makin banyak. Bagaimana? Apakah Anda juga ingin menggunakannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *