Tips Investasi Emas Bagi Investor Pemula

Di tengah kemajuan teknologi, investasi tidak hanya dalam bentuk saham, melainkan bisa berbentuk emas. Logam mulia atau emas bisa menjadi sebuah investasi yang praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Bagi para investor yang memiliki tujuan menengah atau jangka panjang, seperti halnya menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi atau membeli sebuah rumah, investasi emas bisa menjadi solusi dalam menabung bagi Anda.

Lantaran, emas memberikan beberapa keunggulan, yakni berupa imbal hasil yang cukup menjanjikan minimal dalam kurun waktu lima tahun, mudah untuk dicairkan, dan harganya cenderung naik. Jika harga emas mengalami penurunan, akan tetapi nilainya tidak signifikan.

Pada umumnya, emas yang berada di pasaran tersebut berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Perbedaan harga emas keduanya tidak terlalu jauh (emas UBS memiliki harga sedikit lebih rendah) dan keduanya memiliki kadar emas yang sama yakni, 99,99%.

Baca Juga :   Bingung Cari Kerja? Intip 10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya!

Hanya saja, emas dari PT. Antam ini memiliki sertifikat internasional dan telah diakui oleh London Bullion Market Association sedangkan untuk emas UBS telah mengantongi sertifikat nasional dari PT UBS.

Bagi Anda yang pemula dalam bidang investasi, berikut ini adalah tips investasi emas yang tepat, yaitu sebagai berikut :

  1. Cek Harga Emas

Sebelum memutuskan untuk membeli, cek harga emas terlebih dahulu di situs resmi Butik Emas Antam, Pegadaian, marketplace, hingga toko emas yang terpercaya. Sehingga, Anda bisa mengetahui beragam informasi tentang beragam emas dengan berat yang berbeda.

Kemudian, bandingkan harganya dan cek berita ekonomi terkini terutama dalam sektor emas karena, harga emas dalam negeri dipengaruhi oleh harga emas secara global.

Baca Juga :   Tips Hemat untuk Anak Kosan Selama Bulan Puasa

 

  1. Pilihlah  Cara Penyimpanan

Terkhusus bagi Anda yang membeli emas fisik, barang tersebut dapat Anda simpan di safety box di rumah, safe deposit box yang berada di bank, menyimpan di Pegadaian, atau dapat menggunakan layanan Brankas LM dari Antam.

  1. Waktu Pencairan Emas

Emas dapat dicairkan sesuai dengan tujuan Anda. Akan tetapi, jika Anda menginginkan imbal hasil yang lebih maka, simpan emas kurang lebih selama lima tahun.

Itulah dia tips investasi emas yang bisa Anda terapkan. Untuk pembelian emas sebagai investasi alangkah baiknya membeli dalam pecahan satu gram. Lantaran, pecahan kecil lebih mudah untuk dicairkan jika dibanding dengan pecahan 50 gram. Untuk berbagai hal yang berkaitan tentang investasi Anda bisa mengunjungi tatarium.com.

Baca Juga :   Menulis Artikel untuk Menambah Pundi Rupiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *